CNWizard, PlugIn Delphi Yang Harus Anda Miliki

CNWizard adalah sebuah plug-in delphi yang akan membuat aktifitas coding lebih nyaman. Ada beberapa fitur yang saya rasakan sangat membantu meningkatkan produktifitas. Sebelum kita bahas fitur-fitur yang menarik dari CNWizard, saya coba akan memberi gambaran apa itu cnWizard.


CNWizard adalah salah satu produk opensource yang dikembangkan oleh CNPackTeam. CNPackTeam ini adalah sekumpulan programmer delphi/c++ China yang berkolaborasi melalui media internat untuk membuat beberapa produk opensource. Produk yang mereka hasilkan a.l : CnPack IDE Wizards (CnWizards), CnPack Component Package (CnVCL), CVSTracNT. Lebih jelasnya silahkan masuk ke website cnPack

Kita Bisa Melakukan Apa Saja Dengan CnWizard?

1. Uses Units Cleaner

Dengan cnWizard kita bisa membersihkan unit-unit yang tidak terpakai yang ada di bagian uses . Dengan menghilangkan unit yang tidak terpakai otomatis program kita akan lebih optimal. CnWizard akan menawari unit mana saja yang harus dibersihkan, pada unit yang sedang terbuka, semua unit yang ada dalam project, atau semua unit yang ada pada project group.

2. Penamaan Komponen Yang Seragam

CnWizard menawarkan tool untuk memberi nama komponen. Kita bisa mengeset prefix nama untuk setiap komponen, mis : ed... untuk komponen TEdit, dan cb.. untuk komponen TComboBox. Setiap kali kita menambahkan komponen pada form, kita akan ditawari untuk memberikan nama komponen tersebut dengan prefix yang sudah kita set di awal.

3. Source Code Comparer

Dengan CNWizard kita bisa membandingkan dua file baris per baris. Hal ini sering kita lakukan pada saat membandingkan source code yang sedang kita kerjakan dengan source code back up. CnWizard akan memberi tahu baris mana saja yang berbeda.

4. Component Alignment
Dengan cnWizard kita bisa mengatur letak komponen lebih mudah. Sebenarnya, by default, Delphi sudah mempunyai tool untuk pengaturan letak komponen, namun cnWizard menawarkan tool yang lebih bagus.

5. Setting Tab Order Bisa Lebih Mudah
CnWizard menampilkan tab order komponen secara visual sehingga memudahkan programmer. Lebih jelasnyalihat gambar di bawah ini.


Masih banyak yang bisa kita lakukan menggunakan cnWizard. Sehingga sangat rugi jika kita melewatkannya : )


4 comments:

Joko Rivai said...

Saya lagi cari-cari komponen yang dapat mengatur tab (nomor 5). Makasih infonya bro...

Bagus Prasojo said...

Sama-sama bro. Semoga bermanfaat

fmanda said...

makaciii eaa,,, instal dulu

Nita said...

mau tanya, mengapa saat menjalankan delphi yang sudah ada cnwizardnya loadingnya bikin lama ya.. apa yang harus diperbaiki?

Post a Comment