Object Oriented Programming (OOP) Pada Delphi - Bag 1

Object Pascal, adalah sebuah bahasa dimana delphi menjadi salah satu IDE (Integrated Development Environment) nya, adalah sebuah bahasa yang mendukung penuh konsep OOP. Sederhananya, bahasa ini memungkinkan bagi programmer untuk membuat dan memanipulasi object. Lebih detailnya, bahasa ini mendukung empat prinsip pokok OOP yaitu : Data Abstraction, Encapsulation, Inheritance, Polymorphism.


Mempelajari OOP berbeda dengan mempelajari Delphi. Apalagi bagi seorang yang sudah mengenal bahasa Pascal. Bisa jadi ada orang yang sangat mahir delphi/pascal namun sangat lemah pada konsep OOP.

Apa itu OOP? Apa Itu Object? Apa Itu Kelas?


OOP adalah semua hal yang berkaitan dengan writing programs that manipulate objects : ). Delphi, Java, C++ adalah beberapa contoh bahasa yang mendukung OOP. Ketiga bahasa di atas mempunyai prinsip-prinsip OOP yang sama, tentunya dengan sintaks (penulisan baris kode program) yang berbeda. Sekali kita sudah menguasai konsep OOP, maka akan begitu mudah mempelajari OOP pada bahasa manapun. Karena kita hanya akan fokus pada sistaks, bukan pada apa itu OOP.

Setiap kita mempelajari OOP, maka kita tidak akan lepas dari dua istilah objek dan class (Kelas). Kelas adalah pola/rancangan/struktur data yang dipakai programmer untuk membuat tipe data baru. Untuk mempermudah, kadang saya menyamakan kelas dengan tipe data : ). Setiap bahasa pemrograman mempunyai tipe data bawaan misalnya integer, string, boolean, dll. Delphi dan bahasa lainnya (yang mendukung OOP) memungkinkan bagi programmer untuk membuat tida data sendiri, misalnya Tmahasiswa, Trekening, Tbank, dll. Selama tipe data tersebut bukan tipe data bawaan bahasanya, kita bisa menyebutnya tipe data abstract (abstract data types). VCL (Visual Component Library) milik delphi merupakan contoh koleksi dari banyak kelas. Jadi form, button, combobox, query, dll adalah kelas yang sudah dibuat oleh tim developer embarcadero.

Kita bisa membuat kelas sendiri dan menggunakannya sama dengan kelas-kelas yang ada pada VCL delphi. Kita akan membahsa lebih detail mengenai cara pembuatan dan penggunaan kelas baru pada beberapa artikel berikutnya. Untuk memberikan gambaran awal apa itu kelas perhatikan baris kode berikut ini :
TStudent = class
FNama: string;
FNIS: string;
FAlamat: string;
FTelpon: string;
end;
Baris kode di atas adalah sebuah deklarasi kelas Tstudent dimana kelas tersebut mempunya empat atribut (informasi) yaitu Fnama, FNIS, Falamat, dan Ftelpon. Kita bisa memakai kelas (tipe data) TSTudent ini dengan cara :
Var
Student1 : TStudent;
Student2 : TStudent;

Pada pembahasan di atas, kita sudah membahasa apa itu kelas. Lalu apa itu objek? Hmmm… mudah. Objek adalah instansiasi dari kelas, atau suatu data yang bertipe data kelas. Hmmm mbulet : ). Dari deklarasi di atas, kita bisa perjelas bahwa Student1, Student2 adalah objek dan Tstrudent adalah kelas. (Bersambung)

3 comments:

Ramdan said...

Gan.. Boleh izin post pembelajaran ini gak??

Bagus Prasojo said...

Silahkan Gan , jangan lupa sertakan sourcenya ya

thx

Joko Purnomo said...

saya simak dulu kang.. mantap tutorialnya..

kunjungi juga kan blog ane bahas delphi juga

http://beyoureself-kepis.blogspot.com/

Post a Comment