Langsung ke konten utama

Apa sebenarnya yang dimaksud sender pada event handler

Event Handlers Dan Sender

Perhatikan potongan kode event handler event OnClick event pada sebuah button (bernama "Button1"):

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject) ;
begin
...
end; 

Method Button1Click  mempunyai parameter yang bertipe  TObject yang disebut Sender. Setiap event handler, pada Delphi, minimal akan memiliki  sebuah parameter bernama Sender. Ketika button di-click , event handler (Button1Click) untuk event OnClick dipanggil.


Parameter "Sender" mengacu pada sebuah komponen yang dipakai untuk memanggil method tersebut.Jika anda meng-click Button1, maka akan menyebabkan method Button1Click dipanggil, sebuah referensi atau pointer yang mengacu pada Button1 akan dikirim ke  Button1Click pada bagian parameter yang disebut Sender.

Perhatikan Kode Berikut

Parameter Sender , jika digunakan dengan benar, maka akan memberikan fleksibilatas yang luar biasa pada kode kita. Dengan parameter sender ini kita bisa mengetahui komponen apa yang memicu terksekusinya suatu event. Hal ini memudahkan kita untuk menggunakan  event handler yang sama untuk dua komponen yang berbeda.

Sebagai contoh, misal kita menginginkan sebuah button dan menuitem melakukan satu task yang sama. Akan aneh jika kita harus menuliskan kode yang sama persis untuk button dan menuitem tersebut.

Agar button dan menuitem tersebut bisa menggunakan  event handler yang sama, ikut langkah-langkah di bawah ini :

- Tulis  event handler untuk komponen pertama (mis  button )
- Pilih komponen kedua (mis MenuItem1)
- Beralih ke tab  Event pada Object Inspector (F11).
- Klik panah ke bawah untuk mengambil event yang pernah ditulis. (Delphi akan memberikan daftar event yang kompatible untuk kedua komponen terpilih)
- Pilih event dari  drop-down list. (mis Button1Click)

Apa yang kita lakukan di atas adalah membuat sebuah method event-handler yang menangani event OnClick dari komponen  button dan menu item sekaligus. Sekarang, yang harus kita lakukan di event handler yang dipakai beberapa komponen (button dan menuitem) adalah membedakan komponen mana yang memicu tereksekusinya method ini. Sebagai contoh, kita mempunyai kode seperti bawah ini :

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject) ;
begin
  {code for both a button and a menu item}
  ...
  {some specific code:}
  if Sender = Button1 then
    ShowMessage('Button1 clicked!')
  else if Sender = MenuItem1 then
    ShowMessage('MenuItem1 clicked!')
  else
    ShowMessage('??? clicked!') ;
end; 
Perhatikan, pada bagian else in the if-then-else yang kedua menangani situasi dimana sendernya <> button1 maupun menuitem1. Hal ini akan kelihatan hasilnya dengan kode berikut :

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject) ;
begin
  Button1Click(Button2) ;
  {this will result in: '??? clicked!'}
end; 
IS and AS

Karena  Sender bertipe TObject, semua  object bisa dijadikan Sender. Nilai Sender selalu sebuah komponen yang merespon event. Kita bisa melakukan pengecekan unntuk mencari tipe dari sender dengan menggunakan reserved word "is".  Perhatikan contoh di bawah ini !
if Sender is TButton then
  DoSomething
else
  DoSomethingElse; 
Untuk mengetahui penggunaan "is" dan "as" , tambahkan sebuah Edit box pada form (berinama Edit1) dan tulis kode berikut ini pada  event handler OnExit :
procedure TForm1.Edit1Exit(Sender: TObject) ;
begin
  Button1Click(Edit1) ;
end; 
Sekarang ubah  ShowMessage('??? clicked!') ; pada event handler Button1 OnClick  menjadi:
{... else}
begin
  if Sender is TButton then
    ShowMessage('Some other button triggered this event!')
  else if Sender is TEdit then
    with Sender as TEdit do
    begin
      Text := 'Edit1Exit has happened';
      Width := Width * 2;
      Height := Height * 2;
    end {begin with}
  end;
end;

Ok, sekarang kita lihat hasilnya: Jika kita klik pada  Button1 makan pesan 'Button1 clicked!' akan muncul, kita klik MenuItem1 maka 'MenuItem1 clicked!' akan mencul. Jika  kita klik pada  Buton2 maka pesan 'Some other button triggered this event!' akan muncul, namun jika kita klik  Edit1 kemudia klik komponen lan (agar event OnExit terpicu), apa yang akan terjadi?
Kesimpulan

Seperti yang kita lihat tadi, parameter Sender bisa sangat bermanfaat jika digunakan dengan benar
Diterjemahkan dengan sangat bebas dari : http://delphi.about.com/od/objectpascalide/a/sender.htm

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Efektif Menggunakan StringGrid

StringGrid merupakan salah satu VCL yang sangat berguna. Jika anda sudah familiar dengan Webbased Application, anda bisa analogikan StringGrid dengan Table. Table digunakan untuk meenampilkan data. Adapun StringGrid, selain sebagai komponen untuk menampilkan data, dia juga juga bisa sebagai tempat untuk memasukkan data, lihat gambar di bawah ini : Pada gambar di atas, saya menampilkan form jurnal umum sebagai contoh penggunaan StringGrid. Pada contoh di atas, stringgrid dipakai untuk memasukkan data item jurnal berupa Kode dan nama perkiraan, status Debet/Kredit dan Nominal. Untuk memanfaatkan Stringgrid saya mempunyai beberapa konstanta yang mencerminkan nomor urut kolom, misalnya _KolKode merujuk pada kolom Kode Perkiraan, _KolNama merujuk pada kolom Nama. Lebih jelasnya lihat baris kode berikut : Const _KolKode : Integer = 0; _KolNama : Integer = 1; _KolDK : Integer = 2; _KolNominal : Integer = 3; Konstanta-konstanta tersebut saya pakai di beberapa tempat. Diantaran...

Tanda-tanda programmer buruk

Dalam dunia pekerjaan, ada berbagai cara untuk menjadi tidak efektif. Berikut adalah beberapa perilaku yang sering terjadi pada beberapa programmer yang pernah saya kerjakan selama bertahun-tahun: "Saya Seorang Insinyur Perangkat Lunak, Bukan Programmer"  Anda tahu seperti apa mereka. Mereka membawa keyboard mekanis ke kantor? Mereka tidak bisa ikut dalam pertemuan harian karena terlalu sibuk memikirkan masalah tersebut (hanya butuh 5 menit untuk menyampaikan apa yang Anda pikirkan). Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan latte? Saya tidak begitu yakin bagaimana seseorang bisa menjadi begitu sombong dengan pengalaman 3 tahun, tapi begitulah adanya. Saya suka mengesankan orang dengan gelar pekerjaan saya. Siapa? Apa maksud Anda, tidak ada yang peduli. Mungkin sebaiknya Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja dan sedikit waktu untuk memikirkan status Anda? Papan Tulis di Belakang  Beberapa orang di industri ini memiliki gelar. Saya pernah bekerja deng...

Singleton Pattern

Motivasi Kadang ada keadaan di mana kita hanya boleh memiliki satu instan dari suatu kelas. Sebagai contoh, kita hanya boleh memiliki satu window manager (atau satu sistem file atau satu spooler printer) pada satu aplikasi. Biasanya singleton digunakan untuk managemen sumber daya internal maupun eksternal secara terpusat dan bisa diakses dimanapun. Singleton merupkan salah satu design pattern yang paling sederhana. Singleton hanya melibatkan satu kelas yang bertanggung jawab untuk menginstansiasi dirinya sendiri dan pada saat yang bersamaan menyediakan akses secara global terhadap instan tersebut. Pada pattern singleton, instan bisa diakses dari manapun tanpa harus memanggil contructor dari kelas instan tersebut Tujuan • Memastikan bahwa satu kelas hanya bisa dibuat instannya sekali. • Menyediakan akses secara global terhadap instan singleton tersebut. Implementasi Pada bahasa pemrograman Java, implementasi dari singleton adalah dengan membuat sebuah atribut static pada...