Cara Efektif Menggunakan StringGrid


StringGrid merupakan salah satu VCL yang sangat berguna. Jika anda sudah familiar dengan Webbased Application, anda bisa analogikan StringGrid dengan Table. Table digunakan untuk meenampilkan data. Adapun StringGrid, selain sebagai komponen untuk menampilkan data, dia juga juga bisa sebagai tempat untuk memasukkan data, lihat gambar di bawah ini :



Free Image Hosting


Pada gambar di atas, saya menampilkan form jurnal umum sebagai contoh penggunaan StringGrid. Pada contoh di atas, stringgrid dipakai untuk memasukkan data item jurnal berupa Kode dan nama perkiraan, status Debet/Kredit dan Nominal.
Untuk memanfaatkan Stringgrid saya mempunyai beberapa konstanta yang mencerminkan nomor urut kolom, misalnya _KolKode merujuk pada kolom Kode Perkiraan, _KolNama merujuk pada kolom Nama. Lebih jelasnya lihat baris kode berikut :



Const
  _KolKode : Integer = 0;
  _KolNama : Integer = 1;
  _KolDK : Integer = 2;
  _KolNominal : Integer = 3;

Konstanta-konstanta tersebut saya pakai di beberapa tempat. Diantaranya pada pada proses Edit. Ketika edit yang harus dilakukan adalah menampilkan kembali daftar Item Jurnal pada Grid. Lebih jelasnya lihat baris kode di bawah ini :


Var
i: Integer;
iBaris: Integer;
begin
ClearGrid;

iBaris := 1;
for i := 0 to Journal.JournalItems.Count - 1 do
begin
  with SGIteJurnal do
  begin
    Cells[_KolKode,iBaris]    := Journal.JournalItems[i].Kode;
    Cells[_KolNama,iBaris]    := Journal.JournalItems[i].Nama;
    Cells[_KolDK,iBaris]      := Journal.JournalItems[i].DK;
    Cells[_KolNominal,iBaris] := FormatFloat('0.00', Journal.JournalItems[i].Nominal);
  end;

  if i < Journal.JournalItems.Count then
  begin
    Inc(iBaris);
    SGIteJurnal.RowCount := SGIteJurnal.RowCount + 1;
  end;
end;
end;
Sampai di belum terlihat apa manfaatnya menggunakan konstanta-konstanta di atas. Manfaatnya akan terlihat ketika tiba-tiba bos kita atau klien kita meminta perubahan tampilan di StringGrid. Misalnya Klien pengin merubah urutan data yang tadinya Kode,Nama,DK, Nominal menjadi Kode,Nama,DK, Nominal. Kalau kita tidak menggunakan kontanta maka kita harus menukar nomor kolom DK dan Nominal di semua baris kode yang menggunakan kedua kolom tersebut. Namun, jika kita menggunakan konstanta maku kita cukup menukar value dari konstanta-konstanta yang merujuk ke kedua kolom terssbut. Kita cukup melakukan perubahan sebai berikut :
Const
  _KolKode    : Integer = 0;
  _KolNama    : Integer = 1;
  _KolNominal : Integer = 2;
  _KolDK      : Integer = 3;

Mudah bukan? : )

4 comments:

mas_kofa said...

emang hebat mas bagus yg bagus ini...

terus kan mas...

Bagus Prasojo said...

hmmm masih hebat mas kofa. Kan mas kofa salah satu admin dari forum delphi terbesar di negeri ini.

Anonymous said...

ah..pokoknya dua2 nya sama2 hebat lah :D

dika mail said...

om cara menjumlahkan data perbaris gimana caranya om, misalny bari 1 ada kolom harga dan jumlah dan total, jadi kolom total dihasilnya dari penjumlahan harga dan jumlah, ketika pada string grid kolom jumlah diganti dan ditekan enter maka kolom total pada baris yg sama akan berubah nilainy, mohon bantuanya om.

Post a Comment