Pengaturan File Project Menggunakan Delphi 2010

Delphi 2010 merupakan IDE (Integrated Development Environtmen) untuk bahasa Object Pascal. Delphi 2010 ini merupakan produk dari Embarcadero Technologies, Inc. Produk ini merupakan versi terbaru dari keluarga Delphi.

Delphi 2010 merupakan IDE (Integrated Development Environtmen) untuk bahasa Object Pascal. Delphi 2010 ini merupakan produk dari Embarcadero Technologies, Inc. Produk ini merupakan versi terbaru dari keluarga Delphi.

Free Image Hosting

Pada Delphi 2010 ini terdapat sedikit perubahan dalam konfigurasi file-file sebuah proyek. Dalam artikel ini , saya akan mencoba untuk memberikan contoh cara pengaturan file (organisasi file) dalam sebuah proyek yang dikembangkan menggunakan Delphi 2010. Apa yang saya tuliskan di sini merupakan cara yang saya terapkan dalam mengatur file-file proyek saya selama berkecimpung dalam dunia Delphi. Dan Alhamdulillah, apa yang lakukan selama ini terbukti cukup ampuh sehingga saya tidak mengalami permasalahan dalam pengaturan file-file.
Dalam setiap proyek yang saya kerjakan , saya selalu memisahkan letak file-file berdasarkan kategori sebagai berikut :
a. Images : Semua file gambar yang digunakan dalam proyek saya masukkan ke folder ini
b. Classes : Folder ini dipakai untuk menampung file Kelas
c. Form : Folder ini dipakai untuk menampung file form (.pas dan .dfm)
d. Library : Folder ini dipakai untuk menampung file-file library
e. dcu : folder ini dipakai untuk menampung file-file *.dcu (Delphi Compiled Unit) yang dihasilakan ketika proses kompilasi.
f. bin : folder ini dipakai untuk menampung *.EXE yang dihasilkan ketika proses kompilasi.

Untuk poin b-d biasanya saya masukkan dalam sebuah folder bernama “Source”. Lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut :




Dalam pengaturan file ini, dibutuhkan kedisiplinan kita ketika menyimpan file. Setiap ketika menambah form baru, maka harus kita pastikan bah kita sudah menyimpannya dalam folder “Form”, demikian juga , ketika kita menambah sebuaf file kelas, maka kita juga harus pastikan bahwa kita sudah menyimpannya dalam folder “Classes”.
Khusus untuk folder bin dan dcu diperlukan settingan khusus supaya file-file *.dcu dan *.exe masuk ke dalam folder tersebut. Perlu diketahui, file *.dcu dan *.exe dihasilkan pada saat kompilasi. Yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut : Klik Project > Options > Delphi Compiler . Cari baris “Unit Output Directory”. Isi baris ini dengan folder path dari folder “dcu”. Lalu cari barus “Output Directry”. Isi baris ini dengan path dari folder “bin”. Lebih jelasnya lihat gambar berikut ini :



Mudah bukan? Selamat berkarya. Kritik dan Saran Welcome. Thx


1 comments - Add Yours

Musliadi KH said...

Terima kasih telah berbagi ilmu.
Saya ingin menanyakan cara pengaturan folder seperti di atas untuk di delphi 7. Dari gambar yang saya liat, masih membingunkan saya karena ada folder yang tidak di sebutkan pada bagian penjelasan sedangkan ada pada gambar. Mohon bantuanya dan jika bisa saya minta contoh fiex. Terima kasih

Post a Comment