Event Handlers Dan Sender
Perhatikan potongan kode event handler event OnClick event pada sebuah button (bernama "Button1"):
Method Button1Click mempunyai parameter yang bertipe TObject yang disebut Sender. Setiap event handler, pada Delphi, minimal akan memiliki sebuah parameter bernama Sender. Ketika button di-click , event handler (Button1Click) untuk event OnClick dipanggil.
Parameter "Sender" mengacu pada sebuah komponen yang dipakai untuk memanggil method tersebut.Jika anda meng-click Button1, maka akan menyebabkan method Button1Click dipanggil, sebuah referensi atau pointer yang mengacu pada Button1 akan dikirim ke Button1Click pada bagian parameter yang disebut Sender.
Perhatikan Kode Berikut
Parameter Sender , jika digunakan dengan benar, maka akan memberikan fleksibilatas yang luar biasa pada kode kita. Dengan parameter sender ini kita bisa mengetahui komponen apa yang memicu terksekusinya suatu event. Hal ini memudahkan kita untuk menggunakan event handler yang sama untuk dua komponen yang berbeda.
Sebagai contoh, misal kita menginginkan sebuah button dan menuitem melakukan satu task yang sama. Akan aneh jika kita harus menuliskan kode yang sama persis untuk button dan menuitem tersebut.
Agar button dan menuitem tersebut bisa menggunakan event handler yang sama, ikut langkah-langkah di bawah ini :
- Tulis event handler untuk komponen pertama (mis button )
- Pilih komponen kedua (mis MenuItem1)
- Beralih ke tab Event pada Object Inspector (F11).
- Klik panah ke bawah untuk mengambil event yang pernah ditulis. (Delphi akan memberikan daftar event yang kompatible untuk kedua komponen terpilih)
- Pilih event dari drop-down list. (mis Button1Click)
Apa yang kita lakukan di atas adalah membuat sebuah method event-handler yang menangani event OnClick dari komponen button dan menu item sekaligus. Sekarang, yang harus kita lakukan di event handler yang dipakai beberapa komponen (button dan menuitem) adalah membedakan komponen mana yang memicu tereksekusinya method ini. Sebagai contoh, kita mempunyai kode seperti bawah ini :
Karena Sender bertipe TObject, semua object bisa dijadikan Sender. Nilai Sender selalu sebuah komponen yang merespon event. Kita bisa melakukan pengecekan unntuk mencari tipe dari sender dengan menggunakan reserved word "is". Perhatikan contoh di bawah ini !
Ok, sekarang kita lihat hasilnya: Jika kita klik pada Button1 makan pesan 'Button1 clicked!' akan muncul, kita klik MenuItem1 maka 'MenuItem1 clicked!' akan mencul. Jika kita klik pada Buton2 maka pesan 'Some other button triggered this event!' akan muncul, namun jika kita klik Edit1 kemudia klik komponen lan (agar event OnExit terpicu), apa yang akan terjadi?
Kesimpulan
Seperti yang kita lihat tadi, parameter Sender bisa sangat bermanfaat jika digunakan dengan benar
Diterjemahkan dengan sangat bebas dari : http://delphi.about.com/od/objectpascalide/a/sender.htm
Perhatikan potongan kode event handler event OnClick event pada sebuah button (bernama "Button1"):
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject) ; begin ... end;
Method Button1Click mempunyai parameter yang bertipe TObject yang disebut Sender. Setiap event handler, pada Delphi, minimal akan memiliki sebuah parameter bernama Sender. Ketika button di-click , event handler (Button1Click) untuk event OnClick dipanggil.
Parameter "Sender" mengacu pada sebuah komponen yang dipakai untuk memanggil method tersebut.Jika anda meng-click Button1, maka akan menyebabkan method Button1Click dipanggil, sebuah referensi atau pointer yang mengacu pada Button1 akan dikirim ke Button1Click pada bagian parameter yang disebut Sender.
Perhatikan Kode Berikut
Parameter Sender , jika digunakan dengan benar, maka akan memberikan fleksibilatas yang luar biasa pada kode kita. Dengan parameter sender ini kita bisa mengetahui komponen apa yang memicu terksekusinya suatu event. Hal ini memudahkan kita untuk menggunakan event handler yang sama untuk dua komponen yang berbeda.
Sebagai contoh, misal kita menginginkan sebuah button dan menuitem melakukan satu task yang sama. Akan aneh jika kita harus menuliskan kode yang sama persis untuk button dan menuitem tersebut.
Agar button dan menuitem tersebut bisa menggunakan event handler yang sama, ikut langkah-langkah di bawah ini :
- Tulis event handler untuk komponen pertama (mis button )
- Pilih komponen kedua (mis MenuItem1)
- Beralih ke tab Event pada Object Inspector (F11).
- Klik panah ke bawah untuk mengambil event yang pernah ditulis. (Delphi akan memberikan daftar event yang kompatible untuk kedua komponen terpilih)
- Pilih event dari drop-down list. (mis Button1Click)
Apa yang kita lakukan di atas adalah membuat sebuah method event-handler yang menangani event OnClick dari komponen button dan menu item sekaligus. Sekarang, yang harus kita lakukan di event handler yang dipakai beberapa komponen (button dan menuitem) adalah membedakan komponen mana yang memicu tereksekusinya method ini. Sebagai contoh, kita mempunyai kode seperti bawah ini :
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject) ; begin {code for both a button and a menu item} ... {some specific code:} if Sender = Button1 then ShowMessage('Button1 clicked!') else if Sender = MenuItem1 then ShowMessage('MenuItem1 clicked!') else ShowMessage('??? clicked!') ; end;Perhatikan, pada bagian else in the if-then-else yang kedua menangani situasi dimana sendernya <> button1 maupun menuitem1. Hal ini akan kelihatan hasilnya dengan kode berikut :
procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject) ; begin Button1Click(Button2) ; {this will result in: '??? clicked!'} end;IS and AS
Karena Sender bertipe TObject, semua object bisa dijadikan Sender. Nilai Sender selalu sebuah komponen yang merespon event. Kita bisa melakukan pengecekan unntuk mencari tipe dari sender dengan menggunakan reserved word "is". Perhatikan contoh di bawah ini !
if Sender is TButton then DoSomething else DoSomethingElse;Untuk mengetahui penggunaan "is" dan "as" , tambahkan sebuah Edit box pada form (berinama Edit1) dan tulis kode berikut ini pada event handler OnExit :
procedure TForm1.Edit1Exit(Sender: TObject) ; begin Button1Click(Edit1) ; end;Sekarang ubah ShowMessage('??? clicked!') ; pada event handler Button1 OnClick menjadi:
{... else} begin if Sender is TButton then ShowMessage('Some other button triggered this event!') else if Sender is TEdit then with Sender as TEdit do begin Text := 'Edit1Exit has happened'; Width := Width * 2; Height := Height * 2; end {begin with} end; end;
Ok, sekarang kita lihat hasilnya: Jika kita klik pada Button1 makan pesan 'Button1 clicked!' akan muncul, kita klik MenuItem1 maka 'MenuItem1 clicked!' akan mencul. Jika kita klik pada Buton2 maka pesan 'Some other button triggered this event!' akan muncul, namun jika kita klik Edit1 kemudia klik komponen lan (agar event OnExit terpicu), apa yang akan terjadi?
Kesimpulan
Seperti yang kita lihat tadi, parameter Sender bisa sangat bermanfaat jika digunakan dengan benar
Diterjemahkan dengan sangat bebas dari : http://delphi.about.com/od/objectpascalide/a/sender.htm
0 comments:
Post a Comment