Langsung ke konten utama

Object Oriented Programming (OOP) Pada Delphi - Bag 1

Object Pascal, adalah sebuah bahasa dimana delphi menjadi salah satu IDE (Integrated Development Environment) nya, adalah sebuah bahasa yang mendukung penuh konsep OOP. Sederhananya, bahasa ini memungkinkan bagi programmer untuk membuat dan memanipulasi object. Lebih detailnya, bahasa ini mendukung empat prinsip pokok OOP yaitu : Data Abstraction, Encapsulation, Inheritance, Polymorphism.


Mempelajari OOP berbeda dengan mempelajari Delphi. Apalagi bagi seorang yang sudah mengenal bahasa Pascal. Bisa jadi ada orang yang sangat mahir delphi/pascal namun sangat lemah pada konsep OOP.

Apa itu OOP? Apa Itu Object? Apa Itu Kelas?


OOP adalah semua hal yang berkaitan dengan writing programs that manipulate objects : ). Delphi, Java, C++ adalah beberapa contoh bahasa yang mendukung OOP. Ketiga bahasa di atas mempunyai prinsip-prinsip OOP yang sama, tentunya dengan sintaks (penulisan baris kode program) yang berbeda. Sekali kita sudah menguasai konsep OOP, maka akan begitu mudah mempelajari OOP pada bahasa manapun. Karena kita hanya akan fokus pada sistaks, bukan pada apa itu OOP.

Setiap kita mempelajari OOP, maka kita tidak akan lepas dari dua istilah objek dan class (Kelas). Kelas adalah pola/rancangan/struktur data yang dipakai programmer untuk membuat tipe data baru. Untuk mempermudah, kadang saya menyamakan kelas dengan tipe data : ). Setiap bahasa pemrograman mempunyai tipe data bawaan misalnya integer, string, boolean, dll. Delphi dan bahasa lainnya (yang mendukung OOP) memungkinkan bagi programmer untuk membuat tida data sendiri, misalnya Tmahasiswa, Trekening, Tbank, dll. Selama tipe data tersebut bukan tipe data bawaan bahasanya, kita bisa menyebutnya tipe data abstract (abstract data types). VCL (Visual Component Library) milik delphi merupakan contoh koleksi dari banyak kelas. Jadi form, button, combobox, query, dll adalah kelas yang sudah dibuat oleh tim developer embarcadero.

Kita bisa membuat kelas sendiri dan menggunakannya sama dengan kelas-kelas yang ada pada VCL delphi. Kita akan membahsa lebih detail mengenai cara pembuatan dan penggunaan kelas baru pada beberapa artikel berikutnya. Untuk memberikan gambaran awal apa itu kelas perhatikan baris kode berikut ini :
TStudent = class
FNama: string;
FNIS: string;
FAlamat: string;
FTelpon: string;
end;
Baris kode di atas adalah sebuah deklarasi kelas Tstudent dimana kelas tersebut mempunya empat atribut (informasi) yaitu Fnama, FNIS, Falamat, dan Ftelpon. Kita bisa memakai kelas (tipe data) TSTudent ini dengan cara :
Var
Student1 : TStudent;
Student2 : TStudent;

Pada pembahasan di atas, kita sudah membahasa apa itu kelas. Lalu apa itu objek? Hmmm… mudah. Objek adalah instansiasi dari kelas, atau suatu data yang bertipe data kelas. Hmmm mbulet : ). Dari deklarasi di atas, kita bisa perjelas bahwa Student1, Student2 adalah objek dan Tstrudent adalah kelas. (Bersambung)

Komentar

  1. Gan.. Boleh izin post pembelajaran ini gak??

    BalasHapus
  2. Silahkan Gan , jangan lupa sertakan sourcenya ya

    thx

    BalasHapus
  3. saya simak dulu kang.. mantap tutorialnya..

    kunjungi juga kan blog ane bahas delphi juga

    http://beyoureself-kepis.blogspot.com/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Efektif Menggunakan StringGrid

StringGrid merupakan salah satu VCL yang sangat berguna. Jika anda sudah familiar dengan Webbased Application, anda bisa analogikan StringGrid dengan Table. Table digunakan untuk meenampilkan data. Adapun StringGrid, selain sebagai komponen untuk menampilkan data, dia juga juga bisa sebagai tempat untuk memasukkan data, lihat gambar di bawah ini : Pada gambar di atas, saya menampilkan form jurnal umum sebagai contoh penggunaan StringGrid. Pada contoh di atas, stringgrid dipakai untuk memasukkan data item jurnal berupa Kode dan nama perkiraan, status Debet/Kredit dan Nominal. Untuk memanfaatkan Stringgrid saya mempunyai beberapa konstanta yang mencerminkan nomor urut kolom, misalnya _KolKode merujuk pada kolom Kode Perkiraan, _KolNama merujuk pada kolom Nama. Lebih jelasnya lihat baris kode berikut : Const _KolKode : Integer = 0; _KolNama : Integer = 1; _KolDK : Integer = 2; _KolNominal : Integer = 3; Konstanta-konstanta tersebut saya pakai di beberapa tempat. Diantaran...

Tanda-tanda programmer buruk

Dalam dunia pekerjaan, ada berbagai cara untuk menjadi tidak efektif. Berikut adalah beberapa perilaku yang sering terjadi pada beberapa programmer yang pernah saya kerjakan selama bertahun-tahun: "Saya Seorang Insinyur Perangkat Lunak, Bukan Programmer"  Anda tahu seperti apa mereka. Mereka membawa keyboard mekanis ke kantor? Mereka tidak bisa ikut dalam pertemuan harian karena terlalu sibuk memikirkan masalah tersebut (hanya butuh 5 menit untuk menyampaikan apa yang Anda pikirkan). Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan latte? Saya tidak begitu yakin bagaimana seseorang bisa menjadi begitu sombong dengan pengalaman 3 tahun, tapi begitulah adanya. Saya suka mengesankan orang dengan gelar pekerjaan saya. Siapa? Apa maksud Anda, tidak ada yang peduli. Mungkin sebaiknya Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja dan sedikit waktu untuk memikirkan status Anda? Papan Tulis di Belakang  Beberapa orang di industri ini memiliki gelar. Saya pernah bekerja deng...

Singleton Pattern

Motivasi Kadang ada keadaan di mana kita hanya boleh memiliki satu instan dari suatu kelas. Sebagai contoh, kita hanya boleh memiliki satu window manager (atau satu sistem file atau satu spooler printer) pada satu aplikasi. Biasanya singleton digunakan untuk managemen sumber daya internal maupun eksternal secara terpusat dan bisa diakses dimanapun. Singleton merupkan salah satu design pattern yang paling sederhana. Singleton hanya melibatkan satu kelas yang bertanggung jawab untuk menginstansiasi dirinya sendiri dan pada saat yang bersamaan menyediakan akses secara global terhadap instan tersebut. Pada pattern singleton, instan bisa diakses dari manapun tanpa harus memanggil contructor dari kelas instan tersebut Tujuan • Memastikan bahwa satu kelas hanya bisa dibuat instannya sekali. • Menyediakan akses secara global terhadap instan singleton tersebut. Implementasi Pada bahasa pemrograman Java, implementasi dari singleton adalah dengan membuat sebuah atribut static pada...