Cara Mempercepat Penulisan Source Code

Dear Delphiers, salah satu tolok ukur produktivitas seorang programmer bisa diukur dengan berapa baris kode bisa dia hasilkan dalam sehari. Walaupun hal ini tidak bisa menjadi acuan utama untuk mengukur produktivitas seorang programmer. Tapi hal ini merupakan parameter yang paling mudah diukur. Jadi tida heran kalau dalam wawancara pekerjaan calon programmer sering ditanya pernah mengerjakan proyek dengan berapa baris kode.

Delphi, dengan segala kelebihnannya menyediakan satu tool untuk mempercepat penulisan source code. Tool ini yaitu Codes Template. Dengan tool kita bisa membuat template untuk kode-kode program yang sering kita gunakan. Kita bisa memanggil template dengan menuliskan dua atau tiga huruf pertama dari nama template kemudian diikuti dengan menekan kombinasi tombol Ctrl+J . Perhatikan studi kasus di bawah ini : 

Saya, ketika melakukan proses edit data selalu memanggil form look up data. Dari form tersebut saya pilih data yang akan saya edit. Setelah mendapatkan data yang akan diedit tersebut, kemudian saya tampilkan dalam form. Hal ini saya kerjakan berulang-ulang untuk semua form dalam project yang sedang saya kerjakan. Untuk menampilkan data saya menggunakan syntacs seperti di bawah ini :

  sSQL := 'select Nobukti, tglbukti, keterangan from tjournal';
  with cLookUp('Daftar Jurnal', sSQL) do
  begin
    try
      if Strings[0] <> '' then
   begin
     // Tampilkan dalam form untuk diedit
   end;
 finally
      Free;
    end;
  end;
 
Karena baris kode diatas sering saya pakai, maka saya bisa membuat sebuah template sehingga saya bisa melakukan penulisan baris kode untuk edit data dengan lebih cepat. Cara membuat code template :
1. Clik Tools > Editor Option
2. Akan muncul jendela Editor Properties , Pilih Tab Source Options
























3. Click button Edit Code Templates ...> akan muncul jendela baru untuk mengedit/menambahkan template baru

4. Click button Add > akan muncul dialog untuk memasukkan nama dan deskripsi template

5. Masukkan nama template dan description untuk template tersebut > Click OK

6. Copy-kan baris kode yang sering kita pakai

7. Perhatikan pada source code yang saya beri garis bawah berwarna biru, "|" . Karakter menandakan letak kursor pada saat kita mengenarte baris kode menggunakan template.

8. Cara menggunakan template ini yaitu dengan mengetikkan 2 atau tiga huruf pertama kemudian diikuti tombol Ctrl+J. Untuk contoh di atas, kita menuliskan "Loo" kemudian diikuti Ctrl+J. Lihat hasilnya di bawah ini :

0 comments:

Post a Comment