Perubahan Terbaik Saya Berkaitan Dengan Delphi

Dear Delphier,
Dalam artikel berikut saya akan menguraikan perubahan terbaik yang sudah saya lakukan berkaitan dengan Delphi/Pascal. Dari sini saya harapkan bisa diambil manfaatnya terutama bagi para Delphier pemula. Setidaknya mereka tidak melakukan kesalahan yang sudah saya lakukan. Dari artikel ini juga saya berharap agar para Delphier muda bisa mengikuti perubahan-perubahan tersebut sehingga bisa segera merasakan betapa nikmatnya perubahan-perubahan tersebut : ).



1. Berpindah Dari Paradigma Procedural Ke OOP (Object Oriented Programming)
Perubahan ini bagi saya merupakan perubahan yang spektakuler. Dari perubahan ini semakin membuka pikiran saya bahwa begitu banyak hal yang belum saya kuasai dalam dunia pemrograman. Dari sini saya juga mulai merasa nikmatnya pemrograman. Banyak hal yang dulunya sangat sulit (baca : sangat melelahkan) dilakukan, dengan paradigma OOP hal itu bisa dilakukan dengan sangat mudah.
Perjumpaan saya pertama kali dengan OOP yaitu ketika saya pindah kerja ke PT. Tiga Serangkai Inti Corpora sebuah Holding Company yang memiliki beberapa unit bisnis yaitu Printing And Publishing, Retail, Book Distribution, Consumer Goods Distribution, dll. Sebenarnya pada saat kuliah saya juga sudah mengenal OOP, tapi karena tidak pernah diterapkan ya akhirnya hanya sebatas kenal saja.
2. Merapikan Source Code
Dulu, saya merasa source code saya adalah yang paling amburadul dan sulit terbaca. Ketika terpaksa harus membuka program-program lama, saya butuh waktu yang agak lama untuk mengingat kembali apa yang saya lakukan dengan source code tersebut. Saya saja sulit apa lagi orang lain. Tentunya hal ini bertentangan dengan perkataan seorang pakar pemrograman, Martin Fowler. Martin Fowler berkata : “Any Fool Can Write Code That A Computer Can Understand. Good Programmers Write Code That Humans Can Understand”. Mulai sekarang saya berusaha untuk merapikan source code saya, bukan hanya supaya enak dilihat tapi juga enak dibaca (baca : dimengerti). Untuk mewujudkan hal tersebut, yang saya lakukan antara lain :
a. Meluruskan Indentasi
b. Membuat nama method sejelas mungkin sehingga tidak perlu penjelasan maksud dari method tersebut sengan menambahkan Comment
c. Menamakan Variable sejelas mungkin.
d. Membatasi jumlah baris source code dalam satu method.
e. Dll
3. Menggunakan Model Maker
Design Kelas begitu sangat mudah. Kesan itulah yang pertama kali saya rasakan ketika memakai tool ini. Dengan tool ini kita akan sangat mudah untuk mendesign Class Diagram, Sequence Diagram, dll. Hebatnya lagi, class diagram yang sudah kita buat bisa kita generate menjadi file dot pas sehingga bisa langsung kita gunakan.
4. Menggunakan Model Maker Explorer
Sebuah tool pemrograman yang sangat luar biasa. Sekali anda pakai saya jamin anda akan merasa ada yang kurang jika melakukan aktifitas coding tanpa tool ini. Dengan tool ini kita dengan mudah mebuat variable, Field, Property, dll tanpa harus memindahkan kursor ke bagian deklarasi. Dengan tool ini kita juga bisa melakukan extract method. Pengin mencobanya?
5. Berpindah Dari Delphi 7 Ke Delphi 2010
Delphi 2010 merupakan versi terakhir dari Delphi. Banyak perubahan dari Delphi 7 ke Delphi 2010 ini. Salah satu yang membuat saya gembira adalah adanya fasilitas Refactoring. Delphi 2010 ini juga sudah terintegrasi dengan Dunit sehingga memudahkan kita untuk melakukan unit testing. Delphi 2010 juga sudah dilengkapi dengan memory management yang baik. Salah satunya dia bisa melaporkan jia terjadi memory leak. Bagaimana caranya? Baca saja artikel saya yang membahas tentang mendekteksi memory leak di blog ini juga.
Selain perubahan-perubahan di atas, saya masih mempunyai obsesi dalam dunia pemrograman. Hal-hal yang sangat ingin saya lakukan adalah :
1. Menguasai Teknik XP (Extreem Programming)
2. Menguasai Design Pattern
3. Membuat Program Yang Fully OOP
4. Explorasi FPC (Free Pascal Compiler) dan Lazarus
5. Explorasi XML
6. Menguasai Web Service di Delphi
7. Menulis buku tentang Delphi
Bisa membantu mewujudkan kenginan dan harapan saya? : )


6 comments:

Bagus Prasojo said...

@Widodo N : Iya Mas. Ada pengalaman pake devExpress?

Widodo said...

Menggunakan DevExpress gak sekalian ditulis? hehe..

Anonymous said...

Terbitkan Buku OOP donk pak...

Bagus Prasojo said...

@Anonymous

Iya pengin juga sih. Tunggu Dan Doakan aja ya : )

aris msc said...

duh ga sengaja browsing nglor ngidul nemuin blog nya mas bagus....sukses mas bagus

aresave said...

Hebat..hebat sukses selalu

Post a Comment