Langsung ke konten utama

Cara Menulis Dan Membaca Registry

Menyimpan konfigurasi aplikasi bisa kita lakukan dengan menggunakan file dot ini. Selain dengan menggunakan file ini, kita juga bisa menyimpan konfigurasi aplikasi menggunakan registry. Pada tutorial ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara menulis dan membaca registry.

Untuk membaca dan menulis registry, kita bisa menggunakan kelas TRegistry. Kelas ini ada di unit Registry. Jadi kita harus menuliskan nama unit registry di bagian uses.

A. Menulis Registry

Pada tutorial ini, data yang akan kita simpan ke registry nantinya akan terletak pada : "HKEY_CURRENT_USER\Software\Nama Aplikasi" . Perhatiakan method TulisRegistry di bawah ini


procedure TfrmMain.TulisRegistry(AName, AValue: String);
var
  Reg : TRegistry;
  appName : String;
begin 
  Reg := TRegistry.Create;
  appName := Application.Title;
  try
    Reg.RootKey := HKEY_CURRENT_USER;
    if Reg.OpenKey('\Software\' + appName , True) then
    begin
      Reg.WriteString(AName, AValue);
      Reg.CloseKey;
    end;
  finally
    Reg.Free;
  end;
end;

B. Membaca Registry

Untuk membaca data dari registry, kita harus mengetahui di mana data tersebut kita simpan. Sesuai keterangan di atas, kita menyimpan data di "HKEY_CURRENT_USER\Software\Nama Aplikasi" . Perhatikan method BacaRegistry di bawah ini :

function TfrmMain.BacaRegistry(ANama: String): String;
var
  Registry: TRegistry;
begin
  Registry:=TRegistry.Create;
  try
    Registry.RootKey:=HKEY_CURRENT_USER;
    Registry.OpenKey('\Software\' + Application.Title, False);
    Result := Registry.ReadString(ANama);
  finally
    Registry.Free;
  end;
end;

Source code bisa di download di sini

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Efektif Menggunakan StringGrid

StringGrid merupakan salah satu VCL yang sangat berguna. Jika anda sudah familiar dengan Webbased Application, anda bisa analogikan StringGrid dengan Table. Table digunakan untuk meenampilkan data. Adapun StringGrid, selain sebagai komponen untuk menampilkan data, dia juga juga bisa sebagai tempat untuk memasukkan data, lihat gambar di bawah ini : Pada gambar di atas, saya menampilkan form jurnal umum sebagai contoh penggunaan StringGrid. Pada contoh di atas, stringgrid dipakai untuk memasukkan data item jurnal berupa Kode dan nama perkiraan, status Debet/Kredit dan Nominal. Untuk memanfaatkan Stringgrid saya mempunyai beberapa konstanta yang mencerminkan nomor urut kolom, misalnya _KolKode merujuk pada kolom Kode Perkiraan, _KolNama merujuk pada kolom Nama. Lebih jelasnya lihat baris kode berikut : Const _KolKode : Integer = 0; _KolNama : Integer = 1; _KolDK : Integer = 2; _KolNominal : Integer = 3; Konstanta-konstanta tersebut saya pakai di beberapa tempat. Diantaran...

Tanda-tanda programmer buruk

Dalam dunia pekerjaan, ada berbagai cara untuk menjadi tidak efektif. Berikut adalah beberapa perilaku yang sering terjadi pada beberapa programmer yang pernah saya kerjakan selama bertahun-tahun: "Saya Seorang Insinyur Perangkat Lunak, Bukan Programmer"  Anda tahu seperti apa mereka. Mereka membawa keyboard mekanis ke kantor? Mereka tidak bisa ikut dalam pertemuan harian karena terlalu sibuk memikirkan masalah tersebut (hanya butuh 5 menit untuk menyampaikan apa yang Anda pikirkan). Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan latte? Saya tidak begitu yakin bagaimana seseorang bisa menjadi begitu sombong dengan pengalaman 3 tahun, tapi begitulah adanya. Saya suka mengesankan orang dengan gelar pekerjaan saya. Siapa? Apa maksud Anda, tidak ada yang peduli. Mungkin sebaiknya Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja dan sedikit waktu untuk memikirkan status Anda? Papan Tulis di Belakang  Beberapa orang di industri ini memiliki gelar. Saya pernah bekerja deng...

Singleton Pattern

Motivasi Kadang ada keadaan di mana kita hanya boleh memiliki satu instan dari suatu kelas. Sebagai contoh, kita hanya boleh memiliki satu window manager (atau satu sistem file atau satu spooler printer) pada satu aplikasi. Biasanya singleton digunakan untuk managemen sumber daya internal maupun eksternal secara terpusat dan bisa diakses dimanapun. Singleton merupkan salah satu design pattern yang paling sederhana. Singleton hanya melibatkan satu kelas yang bertanggung jawab untuk menginstansiasi dirinya sendiri dan pada saat yang bersamaan menyediakan akses secara global terhadap instan tersebut. Pada pattern singleton, instan bisa diakses dari manapun tanpa harus memanggil contructor dari kelas instan tersebut Tujuan • Memastikan bahwa satu kelas hanya bisa dibuat instannya sekali. • Menyediakan akses secara global terhadap instan singleton tersebut. Implementasi Pada bahasa pemrograman Java, implementasi dari singleton adalah dengan membuat sebuah atribut static pada...